DIKLAT KHUTBAH JUM'AT MAHASISWA PBH


DIKLAT KHUTBAH JUM'AT MAHASISWA PBH

Salah satu ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang da’i adalah kepiawaian dalam berkomunikasi. Dakwah yang merupakan aktifitas mengajak umat kepada agama yang haq yaitu dengan menyampaikan pesan-pesan ilahi melalui ayat-ayat al-Qur’an juga hadits-haidts nabi shallallahu ‘alaihi wasallam haruslah disampaikan dengan baik dan bijaksana.

Di antara bentuk dakwah yang paling fundamental ialah khutbah Jum’at. Pada ini kaum muslimin dengan sukarela mendatangi masjid dan mendengarkan materi khutbah yang disampaikan oleh khatib meskipun tanpa adanya undangan seperti kajian-kajian pada umumnya. Untuk itu seorang khatib haruslah memanfaatkan momen khutbah Jum’at tersebut untuk menyampaikan nasihat-nasihat kebaikan bagi jamaah yang menghadirinya.

Selain ketrampilan retorika, seorang khatib juga harus mengetahui rukun-rukun khutbah Jum’at agar ibadah agung tersebut tetap sah dan tidak menyalahi kaidah yang telah dicontohkan oleh baginda Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam. Untuk itu, hari ini Sabtu 8 September 2018 Menejemen Ma’had Huda Islami mengadakan Diklat Khutbah Jum’at untuk mahasiswa Program Beasiswa Hasmi (PBH).

Kegiatan yang bertempat di Masjid Abdurrahman (Masjid Kampus Ma’had Huda Islami) ini dibimbing langsung oleh dua narasumber yaitu; Ustadz Arifin, S.H.I. dan Ustadz Faisal Hamzah, Lc.  Acara dimulai pada pukul 08.00 dan selesai pukul 11.30 WIB.

Melalui kegiatan ini, harapannya agar mahasiswa PBH mampu menjadi khatib-khatib Jum'at yang kompeten, menjadi da’i-da’i profesional, cakap dalam berkomunikasi, santun dalam bertutur kata dan siap menjadi penerus dakwah islam di masa yang akan datang.

Dokumentasi :















Tidak ada komentar